News Detail

WIKA Beton Raih 2 Penghargaan Top Digital Awards 2021

PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WIKA Beton) meraih dua penghargaan yaitu Top Digital Implementation 2021 #LevelStars4 on Infrastructure & Construction Sector dan Top Leader on Digital Implementation 2021 pada ajang Top Digital Awards 2021 yang diselenggarakan oleh It Works Magazine di Jakarta pada Selasa, 21 Desember 2021.


Penghargaan yang WIKA Beton peroleh ini merupakan apresiasi kepada perusahaan dan institusi pemerintahan yang dinilai berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan Solusi Teknologi Digital guna meningkatkan kinerja, layanan, daya saing bisnisnya serta memberikan layanan kepada masyarakat.


Pada praktiknya, WIKA Beton telah berhasil mengimplementasikan sejumlah inovasi digital salah satunya Sistem Audit berbasis digital, dengan Aplikasi WTON Audit. Aplikasi ini menfasilitasi auditor intenal dalam melaksanakan proses audit secara terintegrasi yang meliputi audit Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001:2015), Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14001), Sistem Manajemen K3 (SMK3-OHSAS 18001), Sistem Manajemen IT (Cobit) dan Penerapan GCG dengan tujuan menjamin penerapan Sistem Manajemen yang efektif dan konsisten.


Selain Aplikasi WTON Audit, WIKA Beton juga mengembangkan secara mandiri sekaligus menerapkan Computer Control Machining System (CCMS). CCMS merupakan mekanisme kontrol pada peralatan produksi beton pracetak menggunakan komputer yang terintegrasi satu sama lain dan terhubung dengan ERP. CCMS menawarkan beragam manfaat di antaranya real time monitoring produksi, early warning system yang mengindikasi penyimpangan proses produksi, big data yang berisi rekaman produksi secara detail dalam database, hingga waste efficiency berupa penggunaan sensor dan sistem operasi guna meminimalisir penyimpangan selama proses produksi.


Tidak hanya itu, terobosan Structural Health Monitoring System (SHMS) menjadi salah satu penerapan inovasi digital yang dinilai punya value pada proses bisnis WIKA Beton. SHMS memfasilitasi perencanaan, loading test, monitoring kondisi struktur, manajemen hingga pelaporan kondisi kesehatan khusus struktur layang yang dikembangkan oleh tim internal WIKA Beton.


Penerapan inovasi digital di lingkungan kerja WIKA Beton ini tentu tidak terlepas dari dukungan kuat jajaran Manajemen. Hal ini dibuktikan dengan dinobatkannya kembali Direktur Utama WIKA Beton Hadian Pramudita sebagai Top Leader on Digital Implementation yang sebelumnya juga diperoleh pada 2019 lalu. Penobatan ini diberikan kepada Hadian karena dalam kepemimpinannya, perusahaan memiliki langkah-langkah strategis dalam menggerakkan transformasi digital.


Top Digital Awards 2021 adalah penghargaan/award tingkat nasional yang diberikan kepada, pertama, Korporasi, Instansi Pemerintahan, dan Lembaga/Badan yang dinilai terbaik dalam menerapkan dan memanfaatkan TI/Solusi Digital untuk meningkatkan kinerja, daya saing, dan layanannya. Top Digital Awards ini bukan sekedar ajang awarding semata tetapi juga sebagai ajang pembelajaran bersama terkait pemanfaatan TIK untuk kemajuan bangsa

About the Author

thumb
admin
admin

Comments

There is no comment